Pelayanan KUA Pakal Surabaya Raih Pujian: Cepat, Ramah, dan Efisien

Surabaya, Media Pojok Nasional – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pakal Surabaya, kembali menuai pujian atas kualitas pelayanannya yang dinilai sangat memuaskan oleh masyarakat. Berbagai testimoni positif bermunculan, menyorot kecepatan proses administrasi, keramahan petugas, dan efisiensi sistem yang diterapkan. Hal ini menunjukkan komitmen KUA Pakal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya dalam urusan pernikahan dan administrasi keagamaan lainnya, Rabu (2/7/2025).

Salah satu aspek yang paling diapresiasi adalah kecepatan dan kemudahan proses administrasi. Calon pengantin melaporkan bahwa seluruh proses, mulai dari pengajuan berkas hingga penerbitan buku nikah, berlangsung dengan cepat dan lancar. Sistem online yang terintegrasi dengan baik memudahkan akses informasi dan pengurusan berkas, sehingga meminimalisir waktu tunggu dan antrean panjang. Petugas juga sigap memberikan informasi dan arahan yang jelas, sehingga masyarakat tidak merasa kebingungan.

Selain kecepatan proses, keramahan dan profesionalisme petugas KUA Pakal juga menjadi poin penting yang mendapat apresiasi tinggi. Petugas senantiasa memberikan pelayanan yang ramah, sopan, dan membantu. Mereka mampu memberikan penjelasan yang detail dan mudah dipahami, menjawab pertanyaan dengan sabar, dan menangani keluhan dengan responsif. Sikap profesional dan dedikasi tinggi petugas ini menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi masyarakat yang mengurus keperluan administrasi keagamaan.

KUA Pakal juga dinilai berhasil menerapkan sistem yang efisien dan inovatif. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pelayanan publik telah meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja. Sistem online yang terintegrasi dengan baik memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi dan mengurus berkas secara online, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Inovasi ini juga membantu meminimalisir potensi kesalahan dan memastikan transparansi dalam proses administrasi.

“Saya sangat puas dengan pelayanan KUA Pakal. Prosesnya cepat, petugasnya ramah, dan semuanya dijelaskan dengan detail. Saya tidak mengalami kesulitan sama sekali,” ujar Bapak Edi, salah satu warga Pakal Surabaya, yang baru saja menikah dan mengurus buku nikah di KUA Pakal. Senada dengan Bapak Edi, banyak warga lainnya yang memberikan testimoni positif dan menyampaikan rasa terima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh KUA Pakal.

Salah satu pegawai KUA kecamatan Pakal Surabaya, Ustadz H Rizal Fahri S.Ag, menyatakan bahwa kami ini bekerja melayani masyarakat jika tidak melayani dengan baik kami salah, untuk itu kami melayani masyarakat dengan sepenuh hati tanpa memandang suka, jabatan, maupun kekayaan, semua harus kita perlakukan sama. Dalam satu bulan kami melayani masyarakat dalam pengurusan dokumen surat nikah hampir kurang lebih 100 Orang. Ujar Ustadz H Rizal Fahri.

Selaku kepala KUA kecamatan Pakal Surabaya, KH Moenawar Kholil S.Ag, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh stafnya atas kerjasamanya dan Keberhasilan KUA Pakal dalam memberikan pelayanan yang memuaskan merupakan cerminan dari komitmen dan dedikasi seluruh petugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kecepatan, keramahan, dan efisiensi sistem yang diterapkan menjadi kunci keberhasilan staff KUA Pakal dalam mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Semoga KUA Pakal dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan menjadi contoh bagi KUA lainnya Surabaya, maupun di Indonesia. Sekali lagi selamat buat seluruh staf KUA Pakal atas kepercayaan kepada kita, ujar KH Moenawar Kholil.(MOH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *